Monday, May 26, 2008

30 Artikel Tentang "Tahukah kamu ???"

Wah, dah lama jg gw gak post lagi. Coz bingung mau ngisi apaan. Hoki, tiba-tiba muncul ide yang cukup mendidik nih. (semoga) hihihi... Post tentang fakta-fakta yang gak banyak orang yang tahu...

Semoga bermanfaat...

Yok, mulai:

1. .........bahwa setelah makan, kucing selalu menjilati dirinya sendiri? Ini disebabkan nalurinya mengatakan bahwa mereka harus menghilangkan bau makanan dari diri mereka, agar pemangsa mereka tidak akan mencium bau makanan itu, dan mencari mereka untuk memakannya.

2. ..........bahwa mata burung unta lebih besar daripada otaknya?

3. ..........bahwa jumlah air di bumi tetap sama sejak bumi terbentuk? Air tidak pernah dikonsumsi sampai habis, melainkan terus didaur ulang dalam berbagai bentuknya.

4. ..........bahwa hembusan ikan paus menghasilkan bau yang sangat kuat? Baunya seperti campuran ikan busuk dan minyak basi. Karena itu, para pelaut dulu percaya bahwa hembusan paus dapat menyebabkan kerusakan otak pada manusia!

5. ..........bahwa di puncak gunung api Mauna Kea yang tidak aktif di pulau Hawaii terdapat observatorium astronomi terbesar di dunia dengan teleskop yang dioperasikan oleh para astronomi dari 11 negara?

6. ..........bahwa dalam waktu satu jam setelah menggunakan kokain, risiko serangan jantung si pemakai akan meningkat 24 kali lipat?

7. ..........bahwa sebuah bola lampu 75 watt memberikan lebih banyak cahaya daripada tiga bola lampu dengan kekuatan 25 watt?

8. ..........bahwa kaktus mempunyai sistem anti dehidrasi yang luar biasa, sehingga sebagian spesiesnya melepaskan hanya 1/600 uap air daripada tanaman biasa yang seukuran? Spesies yang lainnya sanggup menghirup air dari kelembapan di udara!

9. .........bahwa dari dua ekor tikus dapat dihasilkan 15.000 keturunan dalam waktu kurang dari satu tahun?

10. .........bahwa ikan mas koki akan memudar warnanya bila diletakkan dalam tempat yang suram cahayanya, atau bila ditempatkan di air yang mengalir? Ikan ini akan tetap berwarna keemasan bila diletakkan di sebuah akuarium dengan cahaya yang cukup.

11. .........bahwa orang utan dapat tertawa terbahak-bahak? Para peneliti memaparkan, orangutan merupakan salah satu jenis kera modern karena memiliki rasa empati dan mimik wajah, yang merupakan bagian dari tertawa terbahak-bahak. Mirip seperti manusia.

12. .........bahwa Albert Einstein tak pernah belajar mengendarai mobil?

13. .........bahwa umbi dan daun narsis mengandung kristal-kristal beracun dan hanya dimakan oleh beberapa serangga tertentu saja?

13. .........bahwa di Antarktika terdapat 42 stasiun penelitian sepanjang tahun? Di musim panas ada 4000 orang yang tinggal di benua ini, sementara di musim dingin hanya ada 1.000 orang.

14. .........bahwa Bambu sebenarnya adalah anggota keluarga paling besar dari rumput ?

15. .........bahwa jerapah jantan mencari makan di pohon-pohon yang lebih tinggi daripada betinanya, sehingga tidak perlu terjadi persaingan antara kedua jenis yang berbeda ?

16. .........bahwa nyamuk adalah serangga yang sangat tangguh? Nyamuk dapat ditemukan di hutan-hutan tropis dan di daerah yang paling dingin seperti bagian utara Kanada dan Siberia, bahkan juga di Kutub Utara?

17. .........bahwa albatros dapat tidur sambil terbang?

18. .........bahwa angsa adalah satu-satunya unggas yang memiliki penis ?

19. .........bahwa belalang hanya mampu melompat pada temperatur minimum 16,7°C?

20. .........bahwa lebih dari 95% ubur-ubur terdiri dari air? Ubur-ubur tidak mempunyai otak, jantung, tulang ataupun mata.

21. .........bahwa tikus dapat jatuh dari lantai 5 sebuah gedung tanpa terluka?

22. .........bahwa burung pelatuk dapat mematuk dua puluh kali dalam satu detik?

23. .........bahwa kentang adalah makanan berkalori rendah? Sebuah kentang berukuran sedang mengandung 110 kalori, sementara satu cangkir nasi mengandung 225 kalori dan satu cangkir pasta mengandung 155 kalori.

24. .........bahwa berat rata-rata otak hanya sekitar 2% dari keseluruhan berat badan manusia? Namun demikian, otak membutuhkan 25% dari seluruh oksigen yang digunakan oleh tubuh, sedangkan ginjal menggunakan 12% oksigen, dan jantung menggunakan 7%.

25. .........bahwa seekor induk kelinci, bila ketakutan atau terancam, dapat meninggalkan, mengabaikan, atau bahkan memakan anak-anaknya?

26. .........bahwa coyote adalah binatang yang sangat setia kepada pasangannya? Bila pasangannya tertangkap dalam jebakan, ia akan mengantarkan hasil tangkapannya untuk dimakan pasangannya itu. Ia akan berendam di sungai untuk menolong pasangannya memperoleh air minum dengan menjilati bulunya yang basah. Coyote yang bebas dicatat pernah menunggui pasangannya yang tertangkap hingga mati!

27. .........bahwa dalam satu mil persegi ada lebih banyak serangga di daerah pinggiran kota daripada jumlah manusia di seluruh muka bumi?

28. .........bahwa teh yang diolah oleh pabrik yang sama pada pk. 3.00 pagi dapat berbeda rasanya dibandingkan dengan yang diolah pada pk. 12.00 siang, meskipun daun-daun teh itu berasal dari daerah yang sama, bahkan dari pohon teh yang sama pula?

29. .........bahwa sebagian besar orang yang membaca artikel ini tidak menyadari bahwa point nomor "13" ditulis ulang dua kali.

30. .........bahwa setelah membaca hal no 29, semuanya men-scroll halaman blog ini untuk memastikan kebenaran tulisan tersebut.

2 comments:

dhy_reafully said...

hEbAt yAa..
dPeT IlMu pNgEtaHuaN BrU NeGh,,

Anonymous said...

Wakaka... Idenya mantap !