Tuesday, February 17, 2009

Transfer Lagu dari iPod ke iPod

Berhubung banyak sekali kawan yang meminta trik tentang cara transfer lagu antar iPod, akhirnya saya tulis juga disini. Daripada capek jelasinnya macem-macem, mending biar suruh liat blog ini & praktekin sendiri.

Entah cara ini sebenarnya termasuk pelanggaran hak cipta atau tidak, yang jelas saya hanya mencoba membantu kawan-kawan, serta membagi sedikit ilmu yang nampaknya sedikit ilegal ini. Hehe...

Apple iPod, siapa yang gak tau music player buatan Apple.inc. ini ? Musik & video player yang paling terkenal di seluruh dunia ini nampaknya banyak juga yang gak suka dengan cara ngisi lagunya yang mesti lewat iTunes. Lho-lho, kayaknya melenceng dari judul deh... Wah, OOT juga ni ! Yaudah deh, biar saya juga nggak capek ngetik, langsung aja ke inti post !

Tapi inget, cara ini ada kemungkinan melanggar hak cipta lho, karena memperbanyak karya orang tanpa izin si pembuat karya. Yang jelas, dosa ditanggung masing-masing. Saya hanya memberikan trik yang nggak banyak orang bisa ngerti ini. Saya juga bingung, kenapa transfer lagu antar iPod gak segampang transfer atau kopi lagu dari MP3 player biasa. Intinya, trik ini gak banyak orang yang tahu sampe akhirnya bingung gak ngerti mesti gimana...

Tambahan sedikit, trik ini saya coba pada sistem operasi Windows XP. Kalau di Windows Vista sih bisa, tapi kalo di Windows 98, Windows ME, Windows 7, Linux, Solaris, atau Macintosh saya belum coba.

Nih caranya:
  1. Download iTunes versi terbaru dari iTunes.com. (Biar kompatibel ke semua iPod. Tapi kalo pake iTunes versi lama udah bisa, step ini gak perlu dilakukan. Buang-buang waktu & kuota internet.)
  2. Install iTunes yang baru di download barusan ke komputer. (Cuma "next-next" doang.)
  3. Colok kedua iPod di port USB. Anggap iPod sumber = iPod A, sedangkan iPod tujuan = iPod B.
  4. Buka iTunes, masuk ke direktori iPod B di bagian "Music". Gak usah diapa-apain, ini disiapin untuk drag n drop dari iPod A nanti.
  5. Buka Windows Explorer, masuk ke direktori iPod A dari My Computer. Kalo udah masuk, klik View > Explorer Bar > Search. Atau bisa juga teken Ctrl+E.
  6. Nah, kalo udah muncul Search option-nya, pilih yang "All Files and Folders".
  7. Di bagian "Search for files or folders name named", isi dengan "*.mp3, *.m4a" (Tanpa tanda kutip).
  8. Nah, muncul tuh daftar File yang ketemu. Kalo udah gini, klik View > Details. Biar gampang milih-milihnya nanti, coz yang ketemu cuma file empat huruf doang.
  9. Biar keliatan ini lagunya siapa, trus judulnya apa, sama judul albumnya apa, klik View > Choose Details... Trus kasih tanda centang di bagian "Title", "Artist", "Album Artist". Blaamm... Muncul tuh...
  10. Biar lebih gampang, coba sort file-nya by artist. Bisa di klik tulisan "Artist" yang ada di daftar detailsnya.
  11. Yaudah, kalo udah ketemu file yang mau di copy, tinggal drag n drop ke iTunes. Tentunya ke direktory "Music"-nya iPod B. Tapi tunggu dulu... Itu semua cuma buat file yang ekstensinya MP3. Gimana yang M4A ? Ya dengan sangat terpaksa, di klik satu-satu. Didengerin, abis itu kalo cocok, tinggal drag n drop ke iTunesnya aja...
  12. Kalo udah selesai, jangan lupa eject iPod-nya.
Udah, gitu doang. Gak simple kan !

No comments: