Saturday, March 07, 2009

Masukin Lagu ke iPod dari Komputer

Hehe, harusnya post ini yang muncul duluan. Tapi akhirnya malah muncul belakangan setelah cara transfer lagu dari iPod ke iPod. Hehe, sebenernya karena banyak permintaan dari kawan yang menanyakan tentang cara masukin lagu dari komputer ke iPod akhirnya artikel ini saya tulis. Okay, no problem... Hope this article useful for us...

Gimana sih caranya isi lagu ke iPod ?
Eits, sebelum ke intinya, saya mau kasih tau dulu. Cara masukin lagu ke iPod ini adalah cara saya sendiri. Jadi sudah pernah saya coba dan tentunya berhasil. Cara ini saya coba pada OS Windows XP Professional Service Pack 3. Yang jelas, kalo pakai Windows XP yang masih SP 1 belum bisa, waktu itu udah pernah nyoba. Kalo Win XP SP 2 Alhamdulillah bisa, saya juga sudah pernah nyoba. OK, next...

Sebelumnya, yang mesti disediakan ya pastinya iPod yang mau dimasukin lagu dari komputer. Kedua ya jelas kabel USB (masa kabel PLN !!!) buat koneksi iPod ke komputer. Yang ketiga pastinya PC atau Laptop (baca: Notebook / Netbook / UMPC). Yang keempat ya file lagu yang mau di transfer... Haha, gimana sih... Kalo ga da lagunya, apa yang mau dikirim ???

Gini nih cara standarnya kalo dari iPod yang masih kosong (gak kosong asalkan gak di "Synchronize" juga bisa):
  1. Download dan install iTunes versi terbaru dari iTunes.com. Kenapa mesti yang terbaru ? Karena biar kompatibel sama segala jenis iPod yang ada sekarang. Tapi kalau pakai iTunes yang lama udah bisa, ya gak masalah. Buang-buang waktu download aja ye !
  2. Colokin tuh iPod ke kabelnya, abis itu kabel USB juga dicolok ke port USB di PC (yaiyalah, masa di idung..). Tunggu sampai ke detect iPodnya di iTunes.
  3. Kalo udah, buka folder tempat nyimpen lagunya pakai Windows Explorer. Inget, file musiknya harus (baca: yang saya coba) berformat *.MP3 atau *.M4A atau *.AAC. Kalau format lagunya *.WMA gak bisa masuk, jadi mesti di 'convert' dulu jadi MP3. Caranya ? Cari aja program buat convert lagu di Google. Ketik aja di search bar Google "Free MP3 Converter" Simpel kan ?
  4. Balik ke iTunes. Coba masuk ke direktori iPod. Di Tab "Music", jangan kasih centang di bagian yang ada kata-kata "sync" atau "Syncronize" bla-bla bla... saya lupa... Yang jelas ini penting biar nanti iPodnya bisa diisi lagu dari komputer lain, gak cuma komputer kita doang. Karena kalo di "sync", cuma satu komputer yang bisa transfer lagu atau video ke iPod itu.
  5. Masih di iTunes, masuk ke folder "Music"nya iPod. Beda loh folder "Music" yang ini sama tab "music" di cara no. 4... Kalo folder "Music" ini ada di sidebar kiri iTunes, di bagian expandablenya iPod kita. Kalo udah Diemin dulu. Sekarang balik ke Windows Explorer pada folder lagu yang mau di transfer. Nah, pilih lagu yang mau di masukin ke iPod, kalo udah, tinggal 'drag n drop' ke folder "Music"-nya iPod yang tadi udah disiapin. Tunggu prosesnya selesai. Finish... Selesai... Tapi ingat, kalau lagi proses transfer data, iPod jangan dilepas dari kabelnya, atau kabel USB dicopot dari Port USB komputer.
  6. Kalau sudah selesai terus mau didengerin, di "eject" dulu di iTunes-nya. Kalo udah, baru deh dicopot dari PC.
Ya, kalau cara standarnya sih gitu. Bagi yang perlu lebih detail, bisa klik disini. Kalau untuk kasus extended, caranya beda lagi. Gak segampang itu.

Contoh kasus extended :
Kalau itu iPod bekas atau iPod pinjaman, trus mau kita isi lagu tapi gak bisa karena iPod-nya udah di 'sync' sama komputer pemilik iPod itu yang lama. Sedangkan ada lagu di dalam iPod itu yang kita suka dan gak mau kita hapus. Kan kalo kita ilangin centang Sync-nya di iTunes, otomatis lagunya bakalan ilang smua tuh yang di iPod. Nah, gimana caranya biar kita bisa masukin lagu ke iPod ini tanpa menghapus semua lagu yang ada di dalam iPod ??? Hehe... Agak rumit ya ??? Tenang, nanti akan saya post, tapi nggak sekarang... Tunggu tanggal mainnya ! Hehehe...

Nah, aku kan sekarang agak jarang buka blog nih, kalau ada pertanyaan bisa e-mail aja ke watisa193@yahoo.com kalau sempat insyaAlloh pasti aku reply deh. ^_^

14 comments:

IDHAM TAMIM ALDARY said...

ok.. membantu bos.. thnx

IDHAM TAMIM ALDARY said...

ok .. membantu bos... tp itunes nya gede bet donlotnya...

Galih dwi sasongko said...

kl ipodya gak kedetect itunes gmn brow?

Titta M. Habibi said...

@Maks Galih:
Kalo nggak ke-detect, coba colokin iPodnya di komputer lain yg ada iTunesnya.
Kalau masih nggak ke-detect berarti kemungkinan besar ada masalah dengan iPod atau kabelnya.
Kalau bisa, berarti ada masalah sama komputer-nya Mas.
Coba deh. :)

Kevin_Alexander97 said...

bos kalo komp yang ga ada itunes nya bisa ngga ipod nya masuk ???
soal nya udh gw coba" di laptop , di comp yang ga ada itunes ttp gak bisa ,
ehh tapi waktu di laptop Apple Mac kakak saya langsung bisa .

distaromanisti said...

nah aku ada masalah,laptop udah gak ada,semua lagu2 disana...mau sync ipod di itunes di kantor tapi pasti bakal keapus datanya kan?mohon bantuannya yaaaa....

ipa biologi said...

bang..
ipod saya itu ipod bekas dari paman saya..
gua nak isi lagu gmana caranya
plizz WM

Titta M. Habibi said...

@Kevin: Bisa kok, pakai Winamp aja.
Kalau di komputer Mac, iTunesnya dah otomatis ada, soalnya software bawaan. :)

@Adista: Kalau lagunya masih ada di iPod, direktori iPodnya di copy aja ke HDD, nanti di PC kantor kalau centang 'sync'nya dihilangkan & lagunya hilang, tinggal dicopy dari kopian direktory iPodnya... (Bingung-bingung deh... @_@)

@Ipa Biologi: Coba diikutin aja step by stepnya aja :)

Anonymous said...

mantap,mantap,,,
jgn lupa kunjungi ane ya?????????
khairu-mampirmas.blogspot.com

Anonymous said...

makasih infonya , gan ! sangat membantu saya ^^

JAYAVO said...

Thq gan, sangat membantu!

Unknown said...

hihihi sangat membantu sekali kaka :) terimakasih :)

Unknown said...

hihihi sangat membantu sekali kaka :) terimakasih :)

Anonymous said...

thx gan , bantu bgt :D